Seleksi Rekrutmen Calon Anggota Komisi Informasi Pusat Periode 2021 - 2025
Panitia Seleksi Rekrutmen Calon Anggota Komisi Informasi Pusat Periode 2021-2025 mengundang warga negara Republik Indonesia yang telah memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri melalui rekrutmen terbuka dalam rangka rekrutmen Calon Anggota Komisi Informasi Pusat Periode 2021-2025 berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
Daftar Sekarang
Status Seleksi
Closed
Batas Akhir Pendaftaran
Terakhir : 21 September 2021
Jumlah Pendaftar
606
PENGUMUMAN SELEKSI CALON ANGGOTA KOMISI INFORMASI PUSAT PERIODE 2021-2025
     Unduh
[LAMPIRAN 1] PAKTA INTEGRITAS
     Unduh
[LAMPIRAN 2] FORMULIR PENDAFTARAN
     Unduh
[LAMPIRAN 3] DAFTAR RIWAYAT HIDUP
     Unduh
[LAMPIRAN 4] FORM SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI ANGGOTA KOMISI INFORMASI PUSAT PERIODE 2021-2025
     Unduh
[LAMPIRAN 5] SURAT PERNYATAAN TIDAK PERNAH DIPIDANA
     Unduh
[LAMPIRAN 6] SURAT PERNYATAAN TIDAK SEDANG MENJADI ANGGOTA/PENGURUS PARTAI POLITIK
     Unduh
[LAMPIRAN 7] SURAT PERNYATAAN TIDAK MENJALANI HUKUMAN DISIPLIN (KHUSUS ASN)
     Unduh
[LAMPIRAN 8] SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN ATASAN LANGSUNG (KHUSUS ASN)
     Unduh
[LAMPIRAN 9] SURAT PERNYATAAN BERSEDIA MENGUNDURKAN DIRI
     Unduh

1. Warga Negara Indonesia;

2. Sehat jiwa dan raga;

3. Memiliki integritas dan tidak tercela;

4. Berpendidikan minimal sarjana Strata 1 (S1) atau yang setara dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang program studinya terakreditasi, atau lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang ijazahnya telah mendapatkan penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri dari Kemendikbud Ristek;

5.Berusia paling rendah 35 (tiga puluh lima) tahun ;

6.Memiliki pengetahuan dan pemahaman di bidang keterbukaan informasi publik sebagai bagian dari hak asasi manusia dan kebijakan publik;

7. Memiliki pengalaman dalam aktivitas Badan Publik;

8. Diutamakan memiliki pengalaman mengelola organisasi kemasyarakatan atau lembaga formal lainnya, sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun;

9. Tidak pernah dipidana karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan hukuman pidana 5 (lima) tahun atau lebih;

10. Tidak sedang menjadi anggota ataupun pengurus partai politik;

11. Mendapatkan rekomendasi minimal dari 2 (dua) tokoh masyarakat/organisasi/lembaga yang kompeten di bidang keterbukaan informasi publik;

12. Khusus untuk Pelamar dari kategori Aparatur Sipil Negara:

a. sekurang-kurangnya berpangkat Pembina (IV/a) dan pernah menduduki jabatan Administrator/Struktural atau Fungsional Ahli Madya atau yang disetarakan;

b. seluruh unsur penilaian prestasi kerja bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir;

c. tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat dari pejabat yang berwenang;

d. wajib mendapat persetujuan dari Atasan Langsung disertai stempel dinas; dan

e. sudah menyerahkan LHKPN/LHKASN dan SPT tahun terakhir

13. Bersedia menandatangani pakta Integritas yang menyatakan kesetiaan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta memiliki integritas dan dedikasi untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa jika terpilih sebagai Anggota Komisi Informasi Pusat periode 2021-2025 di atas meterai Rp.10.000,- (Lampiran 1); 

1. Pendaftaran dan penyampaian dokumen kelengkapan administrasi hanya dilakukan secara daring mulai tanggal 6 September s.d 21 September 2021 melalui laman https://seleksi.kominfo.go.id dengan mengunggah hasil pemindaian (scan) dokumen sebagai berikut:

1) Formulir pendaftaran yang ditandatangani dan bermeterai Rp.10.000,- (Lampiran 2);
2) Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK);
3) Ijazah asli terakhir, khusus untuk Perguruan Tinggi Luar Negeri menyertakan bukti penyetaraan ijazah dari Kemendikbud Ristek;
4) Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4 X 6;
5) Daftar Riwayat Hidup (DRH) sesuai dengan format yang disediakan oleh Panitia Seleksi (Lampiran 3);
6) Surat Pernyataan bersedia dicalonkan menjadi Anggota Komisi Informasi Pusat yang ditandatangani oleh yang bersangkutan di atas meterai Rp.10.000,- (Lampiran 4);
7) Surat Pernyataan tidak pernah dipidana karena melakukan tindak pidana dengan ancaman hukuman 5 (lima) tahun atau lebih dan/atau tidak sedang dalam menjalani proses hukum pidana, yang ditandatangani di atas meterai Rp.10.000,- (Lampiran 5);
8) Surat Pernyataan tidak sedang menjadi anggota ataupun pengurus partai politik, yang ditandatangani yang bersangkutan di atas meterai Rp.10.000,- sesuai formulir (Lampiran 6);  
9) Surat Rekomendasi minimal dari 2 (dua) tokoh masyarakat/organisasi/lembaga;
10) Khusus untuk Pelamar dari kategori Aparatur Sipil Negara:
a. SK pengangkatan Terakhir;
b. Penilaian Prestasi Kerja;
c. Surat Pernyataan tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat dari pejabat yang berwenang (Lampiran 7);
d. Surat Persetujuan Atasan Langsung yang ditandatangani dan distempel dinas (Lampiran 8);
e. Bukti Penyerahan LHKPN/LHKASN dan SPT tahun terakhir
11) Surat Pernyataan bersedia mengundurkan diri apabila di kemudian hari ditemukan dokumen yang disampaikan terbukti tidak benar yang ditandatangani di atas meterai Rp.10.000,- (Lampiran 9)
12) Surat keterangan sehat termasuk pernyataan bebas narkoba dari rumah sakit pemerintah (diserahkan setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi);
13) Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian yang masih berlaku (diserahkan setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi);
14) Surat Pernyataan bersedia bekerja penuh waktu yang ditanda tangani diatas meterai Rp.10.000,- (diserahkan setelah dinyatakan lulus seleksi Wawancara);
15) Surat Pernyataan bersedia melepaskan keanggotaan dan jabatannya dalam Badan Publik apabila diangkat menjadi anggota Komisi Informasi Pusat yang ditanda tangani diatas meterai Rp.10.000,- (diserahkan setelah dinyatakan lulus seleksi Wawancara).

2. Seluruh berkas administrasi merupakan berkas ASLI yang discan dengan format .pdf (kecuali foto dan KTP dengan format .jpg) dan ukuran maksimal 5 MB per dokumen dengan nama file: NAMA DOKUMEN_NAMA PELAMAR (contoh: KTP_BUDI)

No

Tahapan

* Waktu

1.

Pengumuman

29 Agustus – 5 September 2021

2.

Penerimaan Pendaftaran

6 – 21 September 2021

3.

Seleksi Administrasi

21 – 26 September 2021

4.

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi

28 September 2021

5.

Seleksi Tertulis

5 – 6 Oktober 2021

6.

Pengumuman Hasil Seleksi Tertulis

12 Oktober 2021

7.

Assesment Test

16 – 18 Oktober 2021

8.

Seleksi Wawancara

2 – 5 November 2021

9.

Pengumuman Hasil Rekrutmen Calon Anggota Komisi Informasi Pusat 2021 – 2025

Akan diumumkan kemudian waktu

*Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu 

  1. Berkas administrasi pelamar yang diproses untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya adalah berkas yang lengkap sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan;
  2. Proses dan tahapan seleksi ini TIDAK DIKENAKAN BIAYA ATAU PUNGUTAN DALAM BENTUK APAPUN;
  3. Setiap perkembangan informasi seleksi ini akan disampaikan melalui laman https://seleksi.kominfo.go.id. Kelalaian tidak mengikuti perkembangan informasi menjadi tanggung jawab pelamar;
  4. Seluruh biaya akomodasi, transportasi, kelengkapan administrasi, dan biaya pribadi yang dikeluarkan oleh pelamar selama melaksanakan proses seleksi ditanggung oleh pelamar;
  5. Pelamar yang memberikan keterangan/data dengan tidak benar, maka keikutsertaan/ kelulusan sebagai peserta/ pelamar dapat digugurkan secara sepihak oleh Panitia;
  6. Keputusan Panitia Seleksi Rekrutmen Calon Anggota Komisi Informasi Pusat Periode 2021-2025 bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat sesuai ketentuan perundang-undangan; dan
  7. Dalam membutuhkan penjelasan terkait teknis administratif, dapat menghubungi Sekretariat Panitia Seleksi Rekrutmen Calon Anggota Komisi Informasi Pusat Periode 2021-2025 melalui fitur Kontak dalam laman https://seleksi.kominfo.go.id atau di alamat e-mail: panselkip@kominfo.go.id